Cara Menghitung Perkalian Menggunakan Jari Tangan

1 comment

Menghitung Perkalian Menggunakan jari tangan

Halo sahabat matematika dimana pun anda berada ,disini saya akan mengajarkan kalian tentang menghitung perkalian menggunakan jari .sebelumnya kita tahu bahwa matematika adalah sebuah momok menakutkan bagi setiap orang khususnya para pelajar di karenakan belajar matematika bisa membuat kepala pusing ,padahal banyak trik menghitung cepat dan misteri angka yang memudahkan kita dalam proses penghitungan . ahli matematika kita punya banyak manfaat loh di antaranya kita bisa merencanakan pengeluaran kita agar tidak boros dan bisa menabung, dengan hukum Phytagoras misalnya kita bsa menghitung tinggi tembok rumah kita tanpa harus mengukur menggunakan alat bantu meteran,dan masih banyak lagi kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Di sini saya akan merubah pola pikir kalian tentang susahnya belajar matematika menjadi mudah,asyik dan menyenangkan langsung saja kita lihat cara menghitung perkalian menggunakan jari :

  1.  Perkalian 6 - 10 
     untuk perkalian 6 sampai 10 kita gunakan 10 jari kita dan masing-masing dari jari kita di beri nilai 6 sampai 10 seperti terlihat pada gambar

Menghitung Perkalian Menggunakan jari
Source : google images
     kita lihat bahwa ibu jari bernilai 6, jari telunjuk bernilai 7, jari tengah bernilai 8, jari manis bernilai 9 dan jari kelingking bernilai 10. untuk penghitungannya kita cukup beberapa jari yang tidak digunakan contoh kita akan melakukan penghitungan 7 x 8 maka posisi jari kita seperti berikut :


Source : google images
       setelah kita bentuk seperti itu yang perlu kita perhatikan dalam menghitung perkalian adalah jumlah jari yang terbuka dan yang tertutup ,di situ kita lihat bahwa jari yang terbuka yang sebelah kiri ada 2 jari yang terbuka dan 3 jari yang tertutup dan yang sebelah kanan ada 3 jari yang terbuka dan 2 jari yang tertutup. ada perbedaan nilai untuk untuk jari yang terbuka dan jari yang tertutup , untuk jari yang terbuka itu nilainya adalah satuan sedangkan untuk jari yang tertutup nilainya adalah puluhan,untuk nilai satuan kita kalikan dan untuk nilai puluhan kita jumlahkan kemudian kita gabung semua nilainya, jadi untuk 7 x 8 perhitungannya adalah :

jari sebelah kiri yang terbuka ada 2 dan jari yang sebelah kiri yang terbuka ada 3 maka kita kalikan menjadi = 2 x 3 = 6

jari sebelah kiri yang tertutup ada 3 dan jari sebelah kanan yang tertutup ada 2,karna bernilai puluhan maka kita kalikan 10 kemudian kita jumlakan =
(3 x 10) + (2 x 10) = 30 + 20 = 50

 Setelah semua dihitung kita jumlahkan semua nilainya = 6 + 50 = 56 jadi
7 x 8 = 56

Rumus = (jumlah jari kiri yang terbuka x jumlah jari kanan yang terbuka) +
              (jumlah jari kiri yang tertutup x 10) + (jumlah jari kanan yang     
                 tertutup  x 10) 

Demikian sedikit tips menghitung perkalian menggunakan jari, metode ini sangat berguna bila kita ajarkan kepada anak - anak yang baru masuk sekolah dengan metode ini bisa melatih otak kanan kita karena proses penghitungannya tidak melalui tulisan melainkan melalui imajinasi sehingga otak kanan anak menjadi terlatih.

nantikan tips menghitung cepat selanjutnya..
baca juga Misteri angka 9 pada matematika
Next
Newer Post
Previous
This is the last post.

1 komentar:

Postingan yang sangat bagus, deskripsi yang sangat jelas dan sangat informatif. Situs web Anda sangat membantu. Terima kasih banyak sudah berbagi !

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.